17 Gejala Depresi pada Anak

Depresi, Kesehatan

Ginkgo Biloba Capsule – Depresi adalah dimana seseorang mengalami masalah di dalam hatinya dan membuat dirinya menjadi tidak nyaman dengan keadaan seperti itu. Gejala orang yang sedang mengalami depresi biasanya adalah gangguan pola tidur, menurunnya efisiensi kerja, mudah merasa lelah, sensitif, kehilangan rasa percaya diri, lebih suka menyendiri, perasaan bersalah. Adapun penyebab utama dari depresi ini adalah kurangnya berfikiran positif. Disaat seseorang sedang mengalami depresi, maka biasanya mereka akan merasa bahwa suatu hal yang buruk akan terjadi. Selain itu, penyebab depresi adalah kurangnya kepercayaan diri, orang-orang yang biasanya mereka selalu menganggap semuanya terjadi akibat dari kegagalan yang telah dilakukannya.

17 Gejala Depresi pada Anak

17 Gejala Depresi Paling Umum pada Anak

Pada umumnya mungkin orang mengganggap bahwa depresi itu adalah sesuatu yang sepele dan bisa hilang dengan sendirinya, padahal sebenarnya depresi adalah bentuk suatu penyakit yang lebih dari sekedar perubahan emosi sementara. Apalagi jika depresi menimpa sang buah hati. Anak memiliki faktor ketergantungan yang sangat besar terhadap lingkungan luar, terutama ibunya. Bagi Anda yang memiliki sang buah hati, anak Anda membutuhkan kasih sayang yang tidak hanya diucapkan dengan perkataan, namun juga melalui sentuhan kasih dan komunikasi. Apabila Anda memberikan kasih sayang yang kurang atau bahkan tidak ada, itu akan menimbulkan depresi pada sang buah hati.

Gejala yang ditimbulkan apabila anak Anda mengalami depresi dapat dilihat secara kasat mata. Berikut gejala depresi pada anak:

  1. Kehilangan selera untuk melakukan aktivitas hobinya.
  2. Cenderung datar terhadap pujian atau hadiah.
  3. Berbicara monoton.
  4. Kehilangan minat terhadap sesuatu.
  5. Marah-marah tanpa sebab yang jelas.
  6. Sering mengeluh sakit atau nyeri.
  7. Mudah peka terhadap kritik.
  8. Terlihat penuh kesedihan.
  9. Bosan, lesu dan lemah.
  10. Menutup diri dari pergaulan.
  11. Reaksi berlebihan terhadap kegagalan atau penolakan.
  12. Sering absen dari sekolah.
  13. Prestasinya menurun.
  14. Kurang konsentrasi dalam melakukan aktivitas.
  15. Gangguan atau perubahan pada pola makan dan pola tidur.
  16. Bertingkah laku tidak seperti biasanya.
  17. Merasa hidup tidak ada harapan.

Tidak ada satupun penyebab depresi secara spesifik. Depresi yang terjadi pada anak terpicu oleh beberapa faktor, namun sedikit sekali dari faktor genetik. Perawatan komprehensif sering kali diperlukan, misalnya terapi pada anak yang menderita depresi maupun terhadap keluarganya. Pengobatannya mungkin bisa menggunakan obat antidepresan. jaga kesehatab mental anak Anda agar tidak berpengaruh di masa depannya karena depresi yang terjadi pada anak dapat mempengaruhi prospek masa depan anak Anda juga. Akibat yang lebih parahnya juga adalah kecenderungan untuk melakukan bunuh diri. Lakukanlah pendekatan dan berikan kasih sayang pada anak, buat anak menjadi aman dan nyaman, membantu anak memahami masalah yang dialaminya, meyakinkan akan dengan kemampuan diri yang dialaminya, kembalikan lagi semangat hidup anak dan jangan lupa untuk mengembangkan rasa percaya diri pada anak supaya anak Anda tidak depresi yang berkepanjangan.

Leave a Reply