Buah-buahan Yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak

Kesehatan

Buah-buahan Yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak – Otak manusia tidak selamanya ada dalam kondisi baik atau sehat, pada masa stress, kelelahan dapat terjadi dan memicu penurunan konsentrasi seseorang. Saat menghadapi situasi seperti itu, otak berarti sedang kelelahan dan membutuhkan energi. Mengkonsusmi makanan yang kaya gizi adalah salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan dan menambah daya ingat. Seperti yang telah kita ketahui bukan otak saja yang membutuhkan nutrisi dan gizi, organ tubuh lainnya juga sangat membutuhkan nutrisi dan gizi yang baik agar tubuh kita sehat dan tidak mudah diserang penyakit. Makanan dan nutrisi merupakan bahan bakar untuk tubuh kita, karena sering mengkonsumsi nutrisi yang tepat akan menunjang kesehatan tubuh kita, penundaan proses penuaan, serta efisien untuk fungsi otak dan organ tubuh lainnya.

Banyak kondisi yang dapat membuat otak kita menjadi tidak berfungsi secara baik dan mengakibatkan beberapa fungsi otak menjadi menurun. Kondisi stress, depresi, bisa membuat fungsi otak kita menjadi tidak bekerja secara baik. Kondisi yang membuat otak menjadi tidak bekerja secara baik dapat membuat aliran darah di otak terganggu, hal ini dapat mudah mengalami penyakit yang berhubungan dengan otak seperti penyakit alzheimer, demensia atau bahkan penyakit kronis stroke. Otak membutuhkan istirahat dan nutrisi seimbang untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari. Setiap hari otak kita bekerja dalam tensi yang rendah sampai tensi yang tinggi, seperti kita dalam bekerjaan yang sangat membutuhkan konsentrasi yang cukup berat, berfikir dengan keras, hal ini dapat membuat fungsi otak rusak. Untuk berikan otak kita waktu istirahat agar otak tidak terbebani, serta berikan juga nutrisi dan makanan yang dapat membantu kemampuan dan juga kesehatan otak anda.

asupan otak

Bukan hanya kondisi seperti stress, depresi, atau kondisi lainnya yang dapat membuat penurunan fungsi otak, makanan yang kita makan juga dapat mempengaruhi kesehatan otak secara keseluruhan. Untuk dapat menjalankan fungsi otak dengan baik tubuh kita sangat memerlukan nutrisi yang mendukung kesehatan otak dengan alami dan aman, fungsi otak yang bekerja dengan baik dapat meningkatkan memori dan kecerdasan. Nutrisi yang baik juga bisa kita dapatkan dari buah-buahan. Buah-buahan adalah sumber nutrisi penting bagi kesehatan otak. Maka untuk itu, kita perlu mengkonsumsi buah-buahan secara rutin dan teratur agar kesehatan otak kita dapat terjaga dengan baik. Ada beberapa buah-buahan yang dapat anda konsumsi sebagai nutrisi kesehatan otak, diantaranya :

  • Alpukat 

Alpukat ini memiliki kandungan yang bermanfaat untuk membantu anda melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh. Kandungan yang terdapat dalam alpukat yaitu monounsaturated fat (lemak tidak jenuh tunggal). Aliran darah yang sehat dapat menyehatkan otak, karena membawa nutrisi dan oksigen ke otak. Alpukat sendiri juga dapat menurunkan tekanan darah, sehingga mengurangi terjadi penyakit kronis seperti stroke. Dan alpukat juga mengandung antioksidan termasuk vitamin E di dalamnya.

  • Apel

Apel ini kaya akan zat yang disebut dengan quercetin, suatu antioksidan yang mampu membantu melindungi otak terhadap penyakit seperti demensia. Apel juga didapat membantu mengurangi resiko terjadi beberapa jenis kanker.

  • Tomat

Tomat memiliki kandungan licopene, suatu zat yang dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan bebas yang dipercaya merupakan faktor utama penyebab terjadi suatu penyakit pada otak seperti penyakit demensia dan alzheimer.

  • Pisang 

Pisang memiliki kandungan seperti kalium dan magnesium yang dapat membantu memperlancar jalannya transmisi antar sel syaraf otak sehingga kemampuan berfikir dan respon pun akan lebih cepat. Pisang juga dapat membantu anda meningkatkan kecerdasan otak secara alami dan aman. Mengkonsumsi pisang juga dapat meningkatakn kemampuan otak untuk berkonsentrasi, Anda bisa mengkonsumsi satu atau dua buah pisang setiap hari untuk meningkatkan kinerja otak anda.

  • Blueberry dan Strawberry

Blueberry memiliki kandungan zat yang dapat melindungi otak dari stress oksidatif dan mengurangi resiko terjadinya penyakit demensia dan alzheimer yang berkaitan dengan usia. Sedangkan Strawberry mengandung antioksidan yang dapat mencegah sel syaraf karena usia dan meningkatan kemampuan komunikasi sel-sel otak.

Baca Juga : Ginkgo Biloba Plus Capsule

Maka dari itu, rutin mengkonsumsi beberapa buah seperti diatas dapat membantu anda menjaga kesehatan otak secara alami dan aman. Mengkonsumsi buah-buahan yang dapat membantu kesehatan otak anda merupakan cara sederhana untuk membuat otak terhindar dari penyakit yang menyerang otak. Bukan hanya dengan mengkonsumsi beberapa buah saja untuk menjaga kesehatan otak, pola hidup yang baik juga penting untuk menjaga kesehatan otak anda.

Untuk itu, pola hidup yang baik harus anda lakukan, hindari beberapa hal yang dapat membebani otak sehingga otak mengalami kelelahan. Kelelahan pada otak tentu sangat tidak baik pada fungsi otak anda dan dapat menimbulkan penyakit yang serius. Jika otak anda mengalami kelelahan dapat mengakibatkan hilangnya konsentrasi anda dalam bekerja. Istirahat sejenak otak anda, agar otak bisa berkonsentrasi kembali dan anda pun bisa bekerja dengan baik dan fokus.

Leave a Reply