Cara Alami Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi, Kesehatan

Cara Alami Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi РHipertensi adalah kondisi umum dimana cairan darah yang berada di dalam tubuh menekan dinding arteri dengan cukup kuat sehingga akhirnya menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung. Tekanan darah ditentukan dengan jumlah darah yang dipompa jantung dan jumlah resistensi terhadap aliran darah pada arteri Anda. Semakin banyak darah yang dipompa jantung, maka arteri Anda di waktu yang sama juga akan menyempit, tekanan darah akan meningkat. Anda bisa mendapat tekanan darah tinggi atau yang disebut dengan hipertensi selama beberapa tahun tanpa mengalami gejala-gejala sebelumnya. Tekanan darah yang tidak dikontrol akan meningkatkan resko mendapat masalah kesehatan yang sangat serius, termasuk serangan jantung dan stroke.

Cara Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cara Alami untuk Menurunkan atau Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Jika Anda telah di diagnosa memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, Anda mungkin khawatir tentang pengobatan yang harus Anda lakukan. Dengan mengikuti langkah-langkah seperti di bawah ini, Anda akan mengontrol tekanan darah Anda serta secara tidak langsung juga mengurangi resiko penyakit jantung. Adapun beberapa bahaya hipertensi yang sangat mematikan bagi nyawa seseorang. Tidak asing lagi bahwa hipertensi termasuk dalam salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Berikut bahaya hipertensi :

  1. Masalah dengan otak anda, ditandai dengan kehilangan memori, perubahan kepribadian, sulit berkonsentrasi, mudah marah atau kehilangan progresif kesadaran.
  2. Kerusakan parah pada arteri utama tubuh Anda.
  3. Kejang pada ibu hamil.
  4. Nyeri dada yang tidak stabil.
  5. Serangan jantung.
  6. Memompa gangguan tiba-tiba jantung, menyebabkan cadangan cairan di paru-paru yang mengakibatkan sesak napas.
  7. Tiba-tiba kehilangan fungsi ginjal.
  8. Hipertensi merupakan faktor resiko utama dari penyakit stroke.
  9. Terjadinya gangguan dan kelainan pada mata.
  10. Tubuh menjadi lelah, dan membuat tubuh menjadi tidak memiliki semnagat untukberaktivitas.
  11. Sakit kepala yang luar biasa.
  12. Tidak teraturnya denyut jantung dan denyut nadi.

Baca Juga : Obat Alami Penyakit Darah Tinggi

Berikut ini ada beberapa tips dan cara menurunkan tekanan darah tinggi, yaitu:

1. Dapatkan dukungan dari orang terdekat. Orang terdekat yang mendukung dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Mereka mungkin mendorong Anda untuk memulai program olahraga dengan Anda untuk mengontrol tekanan darah Anda. Bicaralah dengan orang terdekat tentang bahaya tekanan darah tinggi.

2. Kurangi stres Anda. Stres atau kecemasan berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah. Sempatkan waktu untuk berpikir tentang apa yang menyebabkan Anda merasa stres, seperti pekerjaan, keluarga, keuangan atau sakit. Setelah Anda tahu apa yang menyebabkan stres Anda, pertimbangkan bagaimana Anda dapat mengontrol atau mengurangi tekanan darah Anda. Jika Anda tidak dapat mengontrol atau mengurangi tekanan darah Anda, Anda setidaknya dapat mengatasi mereka dengan cara yang lebih sehat. Luangkat waktu istirahat untuk latihan pernafasan, pijat refleksi, dan sebagainya.

3. Kurangi kafein. Peran kafein sangat aktif dalam peningkatan tekanan darah. Namun banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa minum minuman berkafein dapat menyebabkan naiknya tekanan darah Anda, tetapi tidak jelas apakah efeknya sementara atau bertahan lama. Untuk melihat apakah kafein meningkatkan tekanan darah Anda, memeriksa tekanan Anda dalam waktu 30 menit setelah minum secangkir kopi, es krim, soft drink atau minuman lain yang mengandung kafein. Jika tekanan darah Anda meningkat 5-10 poin, Anda mungkin sensitif terhadap kafein sehingga dapat menyebabkan naiknya tekanan darah Anda.

4. Hindari produk tembakau dan asap rokok. Merokok sepanjang hari berarti membuat tekanan darah Anda kemungkinan terus tinggi. Ana juga harus menghindari asap rokok. Menghirup asap rokok dari orang lain juga menempatkan Anda pada resiko masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

5. Menurunkan berat badan berlebih. Meningkatnya berat badan akan menyebabkan meningkatnya tekanan darah Anda. Jika Anda kehilangan 2-5 kilogram dapat membantu mengurangi tekanan darah Anda. Secara umum, semakin banyak Anda kehilangan berat badan, makan semakin efektif untuk menurunkan darah tinggi Anda.

6. Kurangi natrium dalam menu makanan Anda. Pengurangan kecil di natrium dalam diet Anda dapat menurunkan tekanan darah 2-8 mmHg. Batasi natrium untuk 2.300 miligram perhari atau kurang.

7. Berolahraga secara teratur. Setidaknya luangkan waktu antara 30-60 menit setiap harinya, maka akan menurunkan tekanan darah tinggi Anda. dan Anda cukup membutuhkan waktu selama seminggu untuk melihat penurunan tekanan darah Anda. Jika Anda di diagnosa memiliki tekanan darah tinggi, aktivitas fisik secara teratur dapat mengontrol atau mengurangi tekanand arah Anda ke tingkat yang lebih aman.

8. Batasi jumlah alkohol yang Anda minum. Alkohol dapat menimbulkan efek baik dan buruk untuk kesehatan Anda. Dalam jumlah kecil, dapat menurunkan tekanan darah tinggi Anda antara 2-4 mmHg. Tapi efek baik tersebut akan hilang jika Anda minum terlalu banyak alkohol. Namun jika Anda tidak pernah minum alkohol, Anda tidak usah mulai minum alkohol sebagai cara untuk menurunkan tekanan darah Anda, karena akan lebih berbahaya efek negatifnya dibandingkan dengan manfaatnya.

Dengan melakukan beberapa cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi diatas, semoga Anda dapat mengontrol atau mengurangi tekanan darah anda dan mendapatkan kesehatan yang lebih baik dari sebelumnya. Dan jangan pernah menganggap remeh penyakit hipertensi karena bisa saja menimbulkan komplikasi penyakit yang lebih berbahaya.

Leave a Reply