Cara Mencegah Demensia Di Usia Muda

Kesehatan

Cara Mencegah Demensia Di Usia Muda – Demensia atau pikun merupakan kondisi dimana lemahnya daya ingat seseorang akibat adanya degenerasi fungsi otak yang terganggu. Demensia merupakan bagian dari proses penuaan normal, meski demensia atau pikun lebih sering menyerang orang yang berusia lanjut, namun demensia juga bisa menyerang mereka yang berusia muda, hal ini bisa terjadi akibat pola hidup mereka sendiri yang membuat fungsi otak mudah mengalami masalah. Walaupun anda banyak melakukan kegiatan yang banyak menyita pikiran serta waktu, namun mudah lupa atau pikun bukanlah sesuatu yang normal bagi orang-orang yang masih muda. seharusnya ketika kita masih muda kita lebih mudah mengingat sesuatu karena otak masih bekerja secara baik, namun jika masih muda kita mudah lupa, mungkin pola hidup kita yang tidak baik sehingga otak pun tidak bekerja secara optimal.

Demensia diakibatkan oleh adanya kerusakan pada sel otak yang membuat kemampuan berkomunikasi antar beberapa sel menjadi terganggu, dan semakin sibuk serta aktifnya muda mudi jama sekarang, mengakibatkan semakin tinggi kemungkinan mereka untuk gampang lupa atau sukar untuk berkonsentrasi. Tanda awal dari adanya demensia adalah gejala seperti kelelahan, sering mengalami kegagalan saat menjalankan tugas yang baru serta sulit mempertahankan kestabilan mentar, lama kelamaan, kita jadi merasa sulit untuk melaksanakan tugas-tugas harian sehingga cenderung harus dibantu orang lain. Demensia sendiri bisa terjadi karena degenerasi fungsi otak yang mana nantinya mempengaruhi kegiatan sosial atau aktivitas. Untuk penyebab demensia sendiri adalah beberapa kondisi seperti memiliki alzheimer, trauma, tumor otak, terlalu depresi, masalah tiroid, elektrolit yang tidak seimbang, kecanduan alkohol dan yang lainnya.

pikun

Demensia pada usia akan membuat penderita menjadi kehilangan percaya diri dalam bekerja karena mereka mudah lupa dan selalu butuh bantuan. Sebagai solusi untuk mengatasi masalah demensia, ada beberapa cara sederhana untuk mencegah kepikunan atau demensia di usia muda, mulai dari mengkonsumsi makanan sehat sampi melakukan hal-hal yang dapat meringankan gejala demensia, berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah demensia di usia muda, seperti :

  • Tidur yang cukup

Perhatikanlah kebutuhan istirahat anda dengan baik, seperti tidur dengan cukup. Beristirahat lebih lama dan seimbang, dapat merefress otak serta membuat anda bangun dengan lebih segar. Sekurang-kuranya, cukupilah tidur delapan jam sehari entah dalam rentang waktu yang terpisah ataukah sekaligus. Bebaskan kejengahan serta pikiran perihal pekerjaan kala anda telah berada di atas ranjang.

  • Kurangi konsumsi gula dan tepung

Menurut beberapa riset, untuk menambah ketajaman otak, baiknya anda konsumsi lebih sedikit gula serta zat tepung. Hal semacam ini untuk mengurangi pengrusakan pada insulin di otak yang dapat membuat otak anda mengalami penurunan kondisi. Untuk mengurangi konsumsi gula dan tepung anda bisa menggantinya dengan sumber karbohidrat yang lebih sehat. Umpamanya memakan roti gandum, kacang-kacangan, ubi dan lain-lain. Kurangi pemakaian tepung bumbu atau makanan serba instan seperti mie dan sebagainya.

  • Konsumsi kopi 

Kopi juga dapat mencegah demensia di usia muda. Kopi memang kaya akan vitamin dan mineral, asam amino serta antioksidan. Mengkonsumsi kopi tidak lebih dari dua cangkir perhari dapat mengurangi terjadinya kepikunan atau demensia di usia muda. Selain itu menurut penelitian yang dilakukan di korea selatan mengungkapkan bahwa kopi mengandung zat yang dapat memperlambat sel tumor di otak.

  • Jangan menganggurkan pikiran 

Ada baiknya latihlah otak anda, jangan menganggurkan pikiran anda terlampau lama dan sering. Hal ini bisa membuat anda malas memikirkan atau juga mengingat. Cobalah melatih otak anda dengan mengisi teka-teki silang atau TTS.

Itulah beberapa cara mencegah demensia di usia, untuk pengobatan demensia ini bisa dibilang cukup sulit karena demensia tidak dapat disembuhkan. Jika dulu obat takrin dapat membantu penderita, maka sekarang tidak bisa karena efek samping yang ditimbulkan nantinya sangat besar resikonya dan bisa menjadi masalah yang besar. Maka untuk itu kita harus teliti untuk mengkonsumsi obat-obatan, cobalah untuk mengonsumsi obat alami demensia, karena pada dasarnya obat yang berbahan dasar alami minim dengan efek samping dan tidak menimbulkan masalah yang serius pada otak.

Leave a Reply