Cara Mencegah Penyakit Alzheimer Secara Alami

Alzheimer, Kesehatan

Cara Mencegah Penyakit Alzheimer Secara Alami – Alzheimer merupakan penyakit pikun yang timbul karena adanya gangguan pada sel-sel otak yang bisa melumpuhkan sistem kerja otak dimana sel-sel di otak mati, sehingga sulit bagi sinyal otak untuk meneruskan dengan baik. Otak adalah salah satu organ paling penting bagi manusia tentunya semua orang tidak akan mampu melakukan aktivitasnya bila mengalami penurunan atau kelumpuhan pada otak, jika otak mengalami penurunan fungsi mental maka kemampuan dalam berfikir, mengingat dan penalaran akan terganggu.

Cara Penanganan bagi Penderita Alzheimer serta Pencegahannya

Cara Mencegah Penyakit Alzheimer Secara Alami

Penyakit Alzheimer ini bukan hanya bagian dari proses penuaan yang normal, namun selama bertambahnya usia makan nilai resikonya akan begitu meningkat. Penyakit Alzheimer ini belum dapat disembuhkan. Cara penanganan yang ada saat ini hanya bertujuan untuk meredakan gejala, memperlambat perkembangan penyakit serta membuat penderita dapat hidup semandiri mungkin.

Baca Juga : Obat Alami Penyakit Alzheimer 

Berikut ada beberapa cara pencegahan alzheimer itu sendiri bisa Anda lakukan di rumah, misalnya seperti:

  • Konsumsi makanan sehat yang kadar lemak dan kolesterolnya rendah. Tingkatkan asupan serat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
  • Berhenti merokok dan batasi konsumsi minuman keras.
  • Jika Anda menderita stroke, diabetes, hipertensi atau kolesterol tinggi, teraturlah dalam mengkonsumsi obat yang disarankan oleh dokter, serta menjalani nasihat dari dokter mengenai pola hidup sehat.
  • Jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, berusahalah untuk menurunkan berat badan secara aman.
  • Bukan hanya obesitas, lemak juga dapat memicu perubahan fungsi otak ke arah lebih baik atau lebih buruk. Sebaiknya kurangi konsumsi lemak jenuh karena dapat membuat sel-sel otak yang menjadi tidak efesien.
  • Pastikan Anda selalu rutin memeriksakan tekanan darah, serta kadar koleterol dan gula secara teratur agar Anda selalu waspada.
  • Berolahraga secara rutin sedikitnya dua setengah jam setiap minggunya, seperti bersepeda atau berjalan kaki.
  • Cobalah mempelajari hal baru, perluas pertemanan sebagai stimulasi, baca buku, browsing di internet atau membeli permainan yang merangsang otak.
  • Dengan memasak makanan sendiri, kita dapat memastikan sendiri bahan-bahan yang digunakan adalah yang terbaik dan lebih sehat daripada beli makanan di luar.
  • Gigi dan gusi yang tidak bersih dapat meracuni otak dan cenderung membuat memori semakin rendah. Oleh karena itu, menyikat gigi dan flossing dapat membantu menjaga gigi dan mempertajam memori.

Tanda-tanda awal alzheimer dapat berupa kesalahan kecil seperti salah menilai jarak ketika berjalan, bingung saat membaca peta, rasa penciuman mulai hilang, mengajukan pertanyaan yang sama berulang kali serta lupa menyimpan barang di tempat yang aneh. Apabila hal ini sudah ada pada diri Anda, segera konsultasikan ke dokter ahli. Dan cara mencegah alzheimer sebaiknya mulai dilakukan sebelum terlambat.

Leave a Reply