Cara Mencegah Penyakit Asma

Asma, Kesehatan

Cara Mencegah Penyakit Asma – Asma adalah kondisi dimana paru-paru yang kronis ditandai dengan sulitnya bernafas. Saluran pernafasan penderita asma sangat sensitif dan memberi respons yang sangat berlebihan jika mengalami masalah rangsangan atau pun gangguan. Saluran pernafasan tersebut bereaksi dengan cara menyempit dan menghalangi Udara yang masuk ke dalam paru-paru. Gejala awal penyakit asma adalah perubahan di dalam pola pernafasan, bersin-bersin, perubahan suasana hati (Moodiness), hidung mampet atau hidung meler, batuk, gatal-gatal pada tenggorokkan, sering merasa capek, lingkaran hitam di bawah mata, susah sekali untuk tidur, dan turunnya toleransi tubuh terhadap kegiatan olahraga. Sedangkan untuk gejala asma akut adalah nafas menjadi berat dan mengeluarkan “ngik-ngik”, batuk-batuk, nafas pendek tersengal-sengal, sesak dada.

Pencegahan yang Dilakukan Agar Terhindar dari Penyakit AsmaProses Pencegahan yang Harus Dilakukan Agar Terhindar dari Penyakit Asma

Bagi seseorang yang memiliki penyakit asma, saluran pernapasannya lebih sensitif dibandingkan orang lain yang tidak hidup dengan kondisi ini. Ketika paru-paru teriritasi, maka otot-otot saluran pernapasan penderita asma akan menjadi kaku dan membuat saluran tersebut menyempit. Selain itu, akan terjadi peningkatan produksi dahak yang menjadikan bernapas makin sulit dilakukan. Mungkin penyebab asma belum diketahui pasti, namun ada beberapa hal yang kerap memicu penyakit ini seperti asap rokok, debu, bulu bintang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi firus atau juga bahkan terpapar zat kimia. Bagi Anda yang tidak menderita penyakit ini, Anda bisa melakukan pencegahannya sebelum penyakit ini menimpa ke dalam diri Anda. Ini beberapa yang pencegahan yang mungkin bisa Anda lakukan:

  • Asap rokok yang termasuk kedalam musuh bagi penderita asma juga perlu dihindari kebiasaan merokok maupun menghirup asap rokok dari orang disekitar, karena bahaya asap rokok yang berasal dari sulutan api dapat menjadi penyebab gangguan asma.
  • Menjaga sirkulasi udara untukmengurangi jamur yang merupakan salah satu pemicu gangguan asma yang umum, seperti dengan membuka jendela dan menjaga kamar mandi agar tetap bersih dan kering.
  •  Tidak hanya lingkungan saja, namun kesehatan Anda juga perlu diperhatikan. Menjaga kesehatan merupakan usaha yang tidak dari pencegahan penyakit asma. Apabila Anda lemah dan kurang gizi, tidak saja terserang penyakit namun juga berarti mudah untuk mendapatkan serangan penyakit asma beserta komplikasinya.
  •  Pencegahan yang pertama yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan dimana Anda hidup sehari-hari karena ini sangat mempengaruhi timbulnya serangan penyakit asma. Misalnya keadaan rumah yang sebaiknya tidak lembab, cukup ventilasi dan cahaya matahari, mengganti sprei dan gorden setiap seminggu sekali, hindari penggunaan karpet karena bisa menjadi tempat menempelnya debu serta membersihkan tempat tidur Anda setiap hari agar tidak ada debu.
  •  Hindari alergen atau faktor pencetus yang bisa membuat alergi, dan alergen yang sering menimbulkan penyakit ini adalah tungau debu sehingga cara-cara menghindari debuh rumah harus dipahami dan dilaksanakan. Alergen lainnya mungkin seperti kucing, anjing, burung, perlu mendapatr perhatian dan juga perlu diketahui bahwa binatang yang tidak diduga seperti kecoak dan tikus dapat menimbulkan penyakit asma.
  • Gas yang berasal dari pembersih rumah tangga, seperti cairan pembersih kaca yang disemprotkan dapat memicu asma. Hindari menghirup gas tersebut untuk cara mencegah asma karena alergi.
  • Selalu mempersiapkan obat-obatan pereda asma dalam tas adalah merupakan langkah yang tepat ketika nanti terjadi serangan asma. Hal ini bertujuan jika nantinya terjadi serangan asma mendadak seperti di kantor, sudah mengetahui bagaimana cara mengobati asma sebagai pertolongan pertama. Misalnya dengan membawa inhaler asma kemanapun ketika Anda akan berpergian.
  •  Kurangi tingkat stress Anda, emosi dan rasa khawatir yang berlebihan dapat memperburuk gejala asma Anda. Segera luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai untuk relaksasi.

Penyakit asma adalah sebuah penyakit saluran pernafasan yang akan membuat seseorang sulit bernafas dan tentunya membuat kondisi ini tidak nyaman. Untuk itu, pencegahan sedini mungkin akan membantu menjauhkan Anda pada penyakit Asma ini.

Leave a Reply