Cara Mengatasi Anemia Secara Alami

Kesehatan

Cara Mengatasi Anemia Secara Alami –¬†Penyakit anemia adalah gangguan sistem peredaran darah atau sering disebut dengan kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. Dan bisa dikatakan penyakit anemia adalah salah satu penyakit yang kasusnya banyak ditemukan. Dan lebih banyak ditemukan oleh wanita. Penyebab anemia bisa disebabkan karena pendarahan yang terjadi dengan berlebihan, akibat sel darah merah yang mengalami kerusakan dengan berlebihan atau juga akibat dari kurangnya pembentukan dari sel darah merah. Penyakit anemia bisa terjadi disaat tubuh tidak bisa menghasilkan sel darah merah dengan jumlah yang cukup yang diproduksi oleh sumsum tulang, dan biasanya proses ini membutuhkan asupan zat besi, asam folat, serta vitamin B12.

anemia

Ada beberapa penyebab yang lain yang bisa memicu terjadinya penyakit anemia atau kurang darah, yaitu : Pendarahan saat sedang menstruasi, pecah pembuluh darah, mengalami kecelakaan, kekurangan akan asupan zat besi, kurang asupan vitamin C, vitamin B12, akibat terjadinya pembesar lompa, kerusakan sel darah merah secara mekanik, penyakit hemoglobin C dan Hemoglobin S-C, penyakit thalasemia, reaksi dari autoimun pada sel darah merah, kerusakan yang terjadi pada sumsum tulang atau juga pada ginjal, penghancuran dari sel darah merah. Dan berikut ini ada beberapa gejala yang sering dialami oleh penderita anemia, seperti :

– Terlihat lesu, lemas, dan juga letih.
– Selaput darah mata biasanya terlihat lebih pucat.
– Telapak tangan yang terlihat memutih.
– Bibir yang pucat dan tidak bersemu adanya warna kemerahan.
– Wajah akan terlihat pusat pasi.
– Kuku kaki dan juga tangan akan terlihat lebih pucat dan juga putih.
– Lebih cepat merasa kelelahan.
– Sering merasa pusing atau sakit kepala.
– Merasakan sesak nafas disaat sedang melakukan aktivitas.
– Telinga berdengung.
– Gangguan sakit haid atau penurunan libido.
– Elastisitas pada kulit yang menurun.
– Rambut menjadi tipis dan juga halus.

Penyebab anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi, asam follic dan vitamin B12. Untuk jenis anemia yang disebabkan karena kekurangan vitamin B12 dinamakan anemia pernisiosa. Anemia seringkali juga menjadi gejala dari penyakit, seperti kanker dan sejumlah penyakit lainnya. Maka dari itu, cara untuk mengatasi anemia bisa dengan mengkonsumsi makanan tertentu yang bisa meningkatkan hemoglobin di dalam darah. Mengkonsumsi makanan inilah cara cepat untuk mengatasi anemia berat yang diderita baik pria maupun wanita. Berikut ini ada beberapa untuk mengatasi anemia, diantaranya :

– Telur

Kandungan protein yang ada di dalam telur sangat baik untuk membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi telur rebus untuk meningkatkan kadar sel darah merah. Merebusnya juga berbeda yaitu dengan mencampur air rebusan dan kulit bawang merah selama 30 menit sampai telur matang kemudian angkat dan tiriskan. Selain menambah cita rasa, kulit bawang merah juga bisa menambah protein yang ada dalam telur.

– Sayuran Hijau

Cara mengatasi anemia juga bisa dengan banyak mengkonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau sangat baik untuk kesehatan terutama untuk mengatasi anemia. Jenis sayuran yang sangat dianjurkan untuk para penderita anemia yaitu seledri, bayam, kentang, kangkung, dan kembang kol. Selain bisa mengatasi anemia, sayuran hijau ini juga bisa membantu mengontrol berat badan Anda.

– Bawang Merah

Bawang merah selain dicampur dengan telur juga bisa dijadikan ramuan tersendiri untuk mengatasi anemia. Caranya yaitu rebus daun bawang merah seberat 60 gram yang dicampur dengan 1 butir kuning telur. Kemudian minum ramuan tersebut setiap hari dua kali.

– Daging

Mengkonsumsi daging juga bisa dijadikan cara mengatasi anemia yang sangat ampuh. Daging yang segar banyak sekali mengandung protein yang bisa meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah. Selain itu, daging juga bisa membantu mengatasi sel darah merah yang rusak. Jenis daging yang sangat dianjurkan adalah daging kambing. Dibandingkan daging sapi daging kambing, lebih kaya protein.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi penyakit anemia, beberapa cara tersebut tergolong mudah dan dapat anda lakukan sendiri di rumah untuk membantu gejala-gejala anemia berkurang dan keadaan tubuh anda bisa membaik. Kandungan mineral yang baik dalam semua bahan makanan diatas memang sangat baik untuk mengatasi anemia dengan aman dan alami. Selain itu, penderita anemia juga harus beristirahat cukup agar tidak mengalami kelelahan yang sangat berat.

Leave a Reply