Gejala-Gejala Penyakit Alzheimer atau Demensia

Alzheimer, Kesehatan

Ginkgo Biloba Capsule – Alzheimer adalah suatu penyakit hilangnya intelektual dan kemampuan bersosialisasi yang cukup parah untuk mempengaruhi aktifitas harian. suatu gangguan otak atau pikun yang menahun, terus berlanjut dna tidak dapat kembali seperti semula. Tidak ada penyebab yang pasti untuk penyakit Alzheimer ini, akan tetapi untuk pencegahannya sudah tersedia pengobatan-pengobatan yang dibuat khusus untuk mengatasi masalah Alzheimer ini.

Gejala-Gejala Penyakit Alzheimer atau Demensia

Gejala-Gejala yang Ditimbulkan Penyakit Alzheimer atau Demensia

Adapun gejala penyakit ini belum bisa menegakkan diagnosis, karena itu ada banyak gejala yang muncul seperti melemahnya daya ingat hingga gangguan otak dalam melakukan perencanaan, penalaran, persepsi, hingga berbahasa. Misalnya yang diawali dengan nama objek dan tempat, bisa berkembang menjadi Disorientasi dan perubahan perilaku. Perubahan perilaku di dalam hal ini adalah seperti menjadi agresif, penuntut, dan mudah curiga terhadap orang lain. Selain itu, ada beberapa gejala lainnya seperti:

  1. Mengulang pernyataan dan pertanyaan berulang kali.
  2. Lupa dengan percakapan, janji atau suatu peristiwa dan tidak akan bisa mengingatnya di kemudian hari.
  3. Secara rutin salah menaruh barang berharga, sering menempatkan barang berharga di tempat yang tidak seharusnya.
  4. Lupa terhadap nama-nama anggota keluarga dan benda-benda sekitar.
  5. Salah menafsirkan sesuatu sehingga sulit untuk memahami lingkungan sekitar.
  6. Mengalami kesulitan dalam menemukan kata yang tepat untuk mengidentifikasi sebuah benda, mengungkapkan pikiran atau mengikuti pembicaraan orang lain.
  7. Mengalami kesulitan mengenali angka dan uang.
  8. Mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi dna berpikir.
  9. Mengalami kesulitan dalam menganggapi masalah sehari-hari secara efektif, seperti makanan yang gosong di atas kompor, bak mandi yang penuh atau situasi yang tak terduga saat mengemudi.
  10. Mengalami perubahan suasana hati seperti: merasa sangat cemas, mudah marah, mudah tersinggung dan menjadi sangat bingung.
  11. Lupa bagaimana melakukan tugas-tugas yang paling dasar, misalnya mandi dan memakai baju.
  12. Sulit berkomunikasi seperti merasa ingin mengeluarkan kata tertentu namun mereka tba-tiba melupakan kata tersebut. Akhirnya mereka kemudian sering salah menyebut nama benda.
  13. Tiba-tiba tidak kenal waktu dan tempat, misalnya mereka mengira bahwa itu siang namun ternyata malam kemudian ketika mereka pergi, mereka merasa tersesat padahal berada di tempat yang mereka kenal.
  14. Senang berjalan tanpa tujuan dan arah yang jelas.
  15. Tidak bisa melihat warna dengan benar, menilai sebuah jarak tempat atau membaca.
  16. Melakukan kegiatan berulang-ulang seperti mebuka pitu dan menutup pintu berulang kali, berjlan mondar-mandir, pergi ke ruangan-ruangan yang terus menerus.
  17. Bersikap apatis atau tidak berminat dengan berbagai hal.
  18. Mempunyai dorongan untuk menyendiri.
  19. Lupa untuk makan dan minum karena tidak memliki dorongan nafsu makan untuk melakukan hal tersebut.
  20. Merasa paranoid atau ketakutan berlebihan.
  21. Merasa sulit untuk tidur dan lebih sering berkeliaran.
  22. Melakukan berbagai hal yang tidak pantas, misalnya melepas baju di tempat umum atau bertingkah sangat kasar.
  23. Menjadi sangat agresif dengan gejala seperti suka berteriak, mengancam, mendorong orang asing atau keluarga dan marah.
  24. Bersifat kekanak-kanakan juga sering terjadi pada penderita penyakit ini.

Pada umumnya, orang-orang yang aktif secara sosial, fsik dan mental tidak akan mudah terkena penyakit Alzheimer. Karena itu lakukanlah hal-hal yang menyenangkan yang dapat menstimulasi gerak tubuh dan pikiran Anda. Misalnya dengan mengikuti gerak jalan, menulis blog santai, membaca, bermain musik, bermain bulu tangkis, dan kegiatan lainnya.

Leave a Reply