Gejala Hipertensi Pada Remaja

Hipertensi, Kesehatan

Gejala Hipertensi Pada Remaja – Tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut dengan hipertensi adalah suatu kondisi yang dapat mengakibatkan kondisi lain seperti penyakit jantung. Hipertensi adalah kekuatan darah yang mendorong melawan dinding arteri, dari jantung yang memompa darah melalui arteri. Hipertensi atau tekanan darah yang emninggi bisa mengganggu sistem sirkulasi.

Gejala Hipertensi pada Remaja

Gejala Hipertensi Yang Ditimbulkan Pada Remaja

Bagi sebagian orang yang awam tentang tekanan darah tinggi mungkin akan disangkut pautkan gejalanya dengan emosi yang tinggi, namun terdapat gejala lain dari penyakit tekanan darah tinggi ini yang sulit di sadari oleh mereka karena hipertensi tidak memiliki gejala yang khusus. Gejala yang mudah diamati pada semua usia antara lain yaitu:

  1. Keluarnya darah dari hidung atau biasa disebut dengan mimisan.
  2. Rasa berat di tengkuk.
  3. Sesak nafas atau semacam asma.
  4. Wajah memerah.
  5. Telinga berdengung tidak seperti biasanya.
  6. Sakit kepala.
  7. Pusing atau vertigo.
  8. Seringnya buang air kecil.
  9. Susah untuk tidur atau insomnia.

Namun, perlu Anda ketahui apabila Anda seorang remaja. Jika Anda mengetahui penyebab berat badan yang besar adalah banyak makan dan karena lemak, sama halnya dengan hipertensi yang disebabkan oleh berat badan karena tidak menjaga asupan makanannya dengan baik sehingga akan menyebabkan banyak lemak yang menumpuk di tubuh dan pembuluh darah untuk memicu terjadinya hipertensi. Makanan yang mengandung banyak garam dan gula juga bisa menjadi penyebab utama penyakit hipertensi. Berikut gejala yang ditimbulkan hipertensi bagi remaja:

  • Detak jantung yang berdebar lebih cepat dan lebih kencang karena jantung yang selalu memompa darah ketika mengalami hipertensi.
  • Mual juga bisa jadi pemicu gejala hipertensi, kondisinya dimana isi yang ada di dalam lambung keluar kembali atau naik.
  • Mimisan yang terjadi secara tiba-tiba dan tanpa adanya cedera atau kelainan pada hidung juga bisa dikatakan sebagai gejala asam lambung, jika mimisan yang terjadi cukup sering bukanlah gangguan kesehatan yang ringan, Anda harus memeriksakan diri ke rumah sakit.

Gejala hipertensi yang terbilang cukup ringan namun cukup mengganggu juga apabila terus-menerus atau sering, alangkah baiknya diatasi oleh ahli dokternya. Dengan menggunakan obat hipertensi, akan membantu menurunkan tekanan darah. Apalagi pengobatannya menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya tidak menimbulkan efek sampingnya. Ini dia ramuan untuk penderita hipertensi:

  • Cuka apel bahan alami yang cukup mudah untuk ditemukan dan manfaat nya pun begitu banyak untuk kesehatan. Karena itu pada saat hipertensi pun bisa menggunakan cuka apel sebagai obat hipertensi. Cuka apel yang di konsumsi dengan air mineral dengan meneteskan cuka apel ke dalam nya akan menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Cara menyembuhkan hipertensi yang aman dengan menggunakan bahan alami, dan salah satu bahan alami yang bisa di gunakan untuk menjadi obat hipertensi dan mengatasi gejala hipertensi daun seledri. Daun seledri juga bisa dengan cepat untuk menurunkan tekanan darah oleh sebab itu daun seledri salah satu obat hipertensi yang alami.
  • Belimbing manis bisa di gunakan untuk menjadi obat hipertensi yang alami. karena kandungan yang di miliki oleh buah belimbing manis bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah yang menyebabkan hipertensi. Oleh sebab itu jika ingin sembuh dari penyakit hipertensi sebaik nya mengkonsumsi buah belimbing
  • Obat hipertensi alami lain nya dari daun alpukat yang di rebus, hasil air dari daun alpukat rebus bisa menyembuhkan penyakit hipertensi.

Untuk mencegah penyakit hipertensi bisa dengan menjaga asupan makanan, dengan menjaga asupan makanan yang menjadi penyebab hipertensi maka akan sangat membantu untuk mencegah penyakit hipertensi atau pun menjaga agar tekanan darah tetap normal. Karena jika tekanan darah tidak normal akan mengganggu kesehatan. Selain itu kebiasaan buruk menggunakan rokok dan juga minum alkohol sebaik nya mulai di jauhi, karena akibat dengan mengkonsumsi dan menggunakan rokok dan alkohol tidak hanya akan menyebabkan penyakit hipertensi saja, namun penyakit berbahaya lain nya seperti kanker pun bisa terjadi dengan penggunaan alkohol dan juga rokok. Olahraga dan minum air putih serta mencukupi nutrisi tubuh dari jenis makanan yang sehat akan sangat membantu untuk mencegah tekanan darah naik.

Leave a Reply