Makanan Sehat Pereda Sakit Kepala Yang Efektif

Kesehatan

Makanan Sehat Pereda Sakit Kepala Yang Efektif – Sakit kepala merupakan kondisi dimana rasa sakit yang terjadi dibagian kepala dan sakit kepala ini umum terjadi pada setiap orang. Sakit kepala ini bisa terjadi karena seseorang mengalami stress atau tubuh kekurangan istirahat yang baik. Sebagian besar sakit kepala yang terjadi tidak serius dan bisa diatasi dengan mudah, seperti meminum obat pereda sakit kepala yang dijual di warung terdekat. Sakit kepala tidak memiliki jangka waktu tertentu, bisa berlangsung dari kurang satu jam atau bahkan bisa selama berhari-hari, dan sakit kepala juga sering muncul secara tiba-tiba tanpa kita ketahui atau sakit juga bisa muncul secara perlahan. Hampir semua orang tahu rasanya ketika mengalami sakit kepala. Ada banyak penyebab terjadi sakit kepala, ada yang terjadi karena aktivitas kerja namun ada juga karena suatu penyakit tertentu.

Sakit kepala ini terjadi akibat otot-otot pada kepala mengalami tegang, atau juga bisa disebabkan karena penyumbatan pembuluh darah di kepala. Rasa sakit biasanya muncul di bagian bawah kepala dan menyebar ke bagian belakang kepala menuju dahi dan pelipis. Rasa sakit akibat kontraksi otot yang terus menerus akan sangat terasa dikulit kepala dan dapat menjalar ke seluruh daerah kepala. Ada beberapa kasus seseorang mengalami sakit kepala saat bangun tidur dan dapat berlangsung seharian. Tingkat keparahan pun beragam, mulai dari rasa sakit yang biasa hingga rasa sakit yang menusuk secara tiba-tiba dibagian tertentu. Sebagian orang merasa kepalanya ditekan seperti menggunakan ikat kepala ketat atau terasa seperti denyutan yang terus menerus.

makanan sakit kepala

Walaupun sakit kepala ini tidak ada hubungannya dengan gangguan penglihatan, sebagian besar penderita tidak suka cahaya terang dan sulit berkonsentrasi. Sakit kepala bisa dicegah dengan mengkonsusmi obat pereda sakit kepala yang dijuala bebas di warung, namun penggunaan obat sakit kepala yang berbahan kimia secara terus menerus tidak baik baik kesehatan anda dan dapat menimbulkan masalah lain pada kesehatan. Selain dengan menggunakan obat pereda sakit kepala dan juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat agar anda tidak bergantung pada obat yang berbahan kimia tersebut. Makanan sehat yang bisa anda konsumsi adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan sehat dan alami yang memiliki manfaat untuk mengatasi masalah sakit kepala anda.

Maka untuk itu penting bagi anda untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan untuk mengatasi sakit kepala atau juga sebagai pencegah terjadi sakit kepala, karena mengkonsumsi makanan sehat merupakan pengobatan alami yang sangat baik dan aman bagi kesehatan anda. Berikut ada beberapa makanan sehat yang dapat membantu anda mengatasi dan mencegah terjadi sakit kepala, diantaranya :

  •  Makan Pisang 

Jenis makanan yang dinilai cukup efektif dan aman untuk mengatasi sakit kepala adalah buah pisang. Maka dari itu saat anda mengalami sakt kepala, cobalah untuk memakan pisang. Pasalnya buah pisang ini menyimpan kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi migrain seperti magnesium dan potasium. Oleh karena itu makan pisang cukup efektif sebagai cara mengobati sakit kepala sebelah.

  • Makan Kentang

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui bahwa makan kentang bisa menjadi salah satu cara mengobati sakit kepala. Bukan hanya dehidrasi saja yang bisa menyebabkan sakit kepala. Akan tetapi kekurangan zat lain di dalam tubuh seperti zat kalium juga bisa membuat Anda sakit kepala. Untuk itu Anda memerlukan asupan kalium tambahan dari makanan yang Anda konsumsi. Nah, kentang adalah salah satu sumber makanan yang mengandung kalium cukup tinggi. Namun untuk mengolahnya, jangan digoreng melainkan harus dibakar atau direbus.

  • Mengonsumsi Mint

Yang kami maksudkan di sini bukan berarti Anda harus mengonsumsi daun mint secara mentah. Akan tetapi ternyata jenis makanan atau minuman yang mengandung mint bisa membantu Anda meredakan sakit kepala. Cara yang satu ini sangat cocok Anda gunakan saat Anda merasa pusing yang diakibatkan oleh maag. Jika demikian, maka Anda bisa mencoba minum the peppermint atau mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung mint lainnya.

Baca Juga : Ginkgo Biloba Plus Capsule

Selain dengan makanan sehat seperti diatas, minum air putih juga sangat disarankan bagi anda untuk mengatasi sakit kepala, pasalnya sakit kepala ini bisa terjadi akibat dehidrasi atau kekurangan cairan. Dengan demikian maka Anda harus menambah asupan cairan ke dalam tubuh. Nah, ketika Anda mulai merasakan pusing, minumlah segelas air putih dan beristirahatlah dengan cukup. Biasakan dalam sehari Anda selalu memenuhi asupan cairan di dalam tubuh, minimal konsumsi 8 gelas air sehari.

Gaya hidup yang sehat, pola makan yang teratur juga menjadi kunci utama anda untuk mengatasi masalah sakit kepala agar tidak sering muncul dan membuat aktivitas sehari-hari atau pekerjaan anda terganggu. Jika rasa sakit yang anda rasakan pada daeraha kepala begitu parah, sebaiknya anda pergi ke dokter dan berkonsultasi dengannya, karena ini bisa saja gejala awal adanya penyakit yang serius.

Leave a Reply