Menurunkan Trigleserida Tinggi Dengan Alami

Kesehatan, Trigleserida

Menurunkan Trigleserida Tinggi Dengan Alami – Trigleserida adalah salah satu jenis lemak utama yang mengalir di dalam darah manusia. Selain Trigleserida, terdapat pula Kolesterol Baik (HDL) dan Kolesterol jahat (LDL). Jika terlalu banyak, Trigleserida akan menumpuk pada bagian-bagian tubuh seperti dinding pembuluh darah dan hati. Lemak jenuh dan lemak tak jenuh termasuk dalam kelompok Trigleserida. Trigleserida sangat penting bagi manusia karena tubuh memanfaatkan lemak ini sebagai sebuah energi. Trigleserida dihasilkan tubuh dari sumber energi lainnya, yaitu Karbohidrat dan dari pencernaan lemak yang terdapat di dalam makananan.

Menurunkan Trigleserida Tinggi dengan Cara Merubah Gaya Hidup

Dengan beberapa perubahan pada gaya hidup, Anda bisa menurunkan kadar trigleserida yang tinggi. Berikut beberapa tipsnya:

  • Melakukan kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari, misalnya banyak mengisi waktu luang dengan berolahraga ketika waktu yang Anda gunakan lebih banyak untuk bekerja.
  • Merokok yang kerap menjadi kebiasaan dan merupakan konsumsi sehari-hari pada sebagian pria juga harus dikurangi karena komponen dari zat yang terkandung dalam rokok dapat memberatkan kondisi tubuh terhadap jumlah trigleserida.
  • Gula tambahan dan gula rafinasi dapat meningkatkan kadar trigleserida, jadi cara tercepat untuk menurunkannya adalah dengan mengurangi asupan gula.
  • Nasi putih dan roti yang terbuat dari tepung terigu atau semolina dapat meningkatkan kadar trigleserida pada sebagian orang. Maka cobalah memilih pasta dan roti yang terbuat dari gandum utuh.
  • Tidak hanya nasi putih dan roti, alkohol dapat meningkatkan kadar trigleserida terutama pada orang yang sensitif terhadap pengaruhnya. Jadi, Anda sangat dianjurkan untuk berhenti mengkonsumsi alkohol selama berusaha menurunkan kadar trigleserida.
  • Jika berat badan Anda melebihi berat badan ideal atau bahkan sudah mengalami obesitas, menurunkan berat sekitar 2-5 kilogram bisa menurunkan kadar trigleserida dalam tubuh
  • Ganti lemak jenuh pada daging dengan lemak tidak jenuh dari tanaman, misalnya pada minyak zaitun, minyak kacang dan dari minyak canola.
  • Kalori yang berlebihan akan diubah menjadi trigleserida dan disimpan sebagai lemak. Secara tidak langsung, menurunkan asupan kalori juga berarti menurunkan kadar trigleserida.
  • Aktivitas olahraga secara rutin bisa membantu Anda mengendalikan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  • Anda juga mungkin perlu terapi obat untuk meringankan trigleserida yang cukup tinggi, dokter mungkin akan meresepkan beberapa jenis obat penurun trigleserida untuk Anda.
    asam lemak omega-3 dianggap sebagai lemak baik dan mengasupnya secara rutin dapat membantu tubuh Anda menurunkan kadar trigleserida.
  • Kadar trigleserida dapat turun secara signifikan jika Anda memilih sumber protein namun bukan dari daging merah.
  • Serat dapat membantu mengatur penyerapan dan pencernaan makanan, dan makanan berserta tinggi dapat menurunkan kadar trigleserida maupun kolesterol Anda secara signifikan.
  • Buah-buahan dengan kandungan fruktosa yang lebih tinggi meliputi mangga, pisang raja, anggur, pir, apel, semangka, nanas dan blackberry inilah jenis buah-buahan yang sebaiknya dihindari atau paling tidak dibatasi konsumsinya.
  • Makan dalam porsi kecil lebih sering, lebih baik dbandingkan makan 2 atau 3 kali saja namun dalam porsi besar.

Sebelum melakukan perubahan penting bagi kesehatan, Anda harus memahami alasannya. Peningkatan kadar trigleserida adalah salah satu faktor resiko utama penyakit jantung meliputi serangan jantung, stroke dan aterosklerosis atau pengerasan dinding pembuluh arteri. Semakin cepat Anda mengubah gaya hidup menjadi lebih positif, termasuk dengan diet dan berolahraga, semakin cepat Anda akan merasa bahagia dan mengawali hidup yang sehat serta sejahtera. Terkadang bagian yang terberat adalah memulainya dan lama-kelamaan anda akan semakin bersemngat seiring dengna kemajuan yang Anda buat. Silahkan mencoba.

Leave a Reply