Penyebab Dan Gejala Cedera Gegar Otak Pada Anak

Kesehatan

Penyebab Dan Gejala Cedera Gegar Otak Pada Anak – Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa masalah cedera gegar otak hanya bisa dialami oleh para atlit olahraga, namun masalah gegar otak ini lebih umum dan lebih berbahaya dari yang kita duga. Jatuh adalah penyebab utama dari cedera fatal pada anak-anak dari segala usia, dan jatuh juga merupakan faktor utama yang menjadi penyebab cedera kepala pada anak. Gegar otak merupakan tipe cedera otak teringan dibandingkan dengan cedera otak lainnya. Namun, anda jangan mengabaikan kondisi seperti ini. Gegar otak ini timbul akibat benturan keras pada kepala, dan bukan atlit saja yang bisa mengalaminya, kita yang buka atlit juga bisa mengalaminya jika mengalami kecelakaan lalu lintas, jatuh, terpukul benda keras pada kepala atau lainnya. Posisi otak kita mengambang dalam cairan di tengkorak kepala, ketika kepala menghantam benda dengan keras, otak dapat bergeser dan membentur tulang tengkorak kepala.

Gegar otak adalah jenis cedera traumatis yang berasa dari cedera kepala tertutup, dimana tidak ada objek yang menembus tengkorak dan menyebabkan otak dan kepala tersentak dengan sangat cepat sehingga menganggu fungsi normal otak untuk sementara waktu atau permanen. Kita tidak bisa memperbaiki cedera otak seperti kita memperbaiki kerusakan ligamen dan tulang, oleh karena itu penting bagi anda untuk memperhatikan kesehatan anak anda dengan baik, karena jika anak anda mengalami masalah gegar otak tentu akan membuat pertumbuhan mereka sedikit terganggu. Gegar otak sendiri dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang dan hal inilah yang membuat petumbuhan anak menjadi tidak baik. Risiko gegar otak pada anak akan terasa saat anak anda tumbuh dewasa, otak anak akan menjadi kurang tangguh daripada sebelumnya.

gegar otak pada anak

Penyebab gegar otak pada anak bisa terjadi karena kelalaian orang tua, gegar otak pada anak dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, baik saat bermain, saat jatuh dari tangga, saat berkelahi dengan teman-teman, pukulan yang kuat yang mengenai anggota tubuh dalam beberapa cara. Maka sangat penting untuk kita mengetahui apa yang telah dirasakan anak setelah bermain. Jika anak terus menerus muntah dan ini bukan disebabkan oleh makanan yang anak anda makan, tanyakan padanya, apakah ia telah mengalami cedera kepala. Jika demikian, maka muntah itu terjadi karena anak alami gegar otak. Segeralah bawa anak ke rumah sakit untuk diberi pertolongan medis. Selain itu, jika anak mengeluh pusing dan melihat ada perubahan perilaku, perubahan pola tidur dan kesulitan anak dalam mengikuti petunjuk, ini adalah tanda-tanda anak anda mengalami gegar otak.

Yang perlu diingat, gejala utama gegar otak di segala usia termasuk mudah marah dan sulit tidur. Walaupun begitu, gejala bisa tidak muncul segera setelah cedera. Tanda dan gejala dapat muncul berjam-jam atau bahkan berhari-hari setelah cedera. Anda harus mengawasi anak dengan sangat hati-hati untuk setiap kemungkinan tanda dan gejalanya. Anak jatuh saat beraktivitas dan bermain adalah hal biasa, dan dalam kebanyakan kasus tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jika anak Anda sepenuhnya sadar, aktif, dan tampaknya tidak bertindak berbeda setelah mendapat benjolan ringan di kepala, kemungkinan besar anak anda akan baik-baik saja. Namun, jika setelah terbentur anak mulai muntah, bernapas tidak teratur, mengalami kejang, atau tidak sadarkan diri, dapatkan bantuan medis sesegera mungkin.

Selain memperhatikan aktivitas anak anda, orang tua juga harus memperhatikan asupan nutrisi dan gizi yang baik untuk menjaga kesehatan otak anak. Asupan seperti makanan dan sayur juga penting bagi kesehatan anak, karena otak juga sangat membutuhkan nutrisi yang seimbang agar otak tetap sehat dan berfungsi secara normal. Untuk membantu menjaga kesehatan otak, selain dengan asupan nutrisi dari buah-buahan dan sayuran anda juga bisa memberi anak anda suplemen alami untuk menutrisi otak anak dengan aman. Terapkan pola hidup sehat dan pola makan yang teratur sejak dini agar kesehatan anak anda terjaga dengan baik. Kecelakaan pada anak saat bermain mungkin sudah menjadi hal yang umum namun kita juga sebagai orang tua memperhatikan keluhan yang dirasakan anak kita, karena hal ini bertujuan agar tumbuh kembang anak kita tidak mengalami masalah.

Leave a Reply