Penyebab Dan Gejala Penyakit Alzheimer Di Usia Muda

Alzheimer, Kesehatan

Penyebab Dan Gejala Penyakit Alzheimer Di Usia Muda –¬†Penyakit alzheimer merupakan salah satu gangguan kesehatan yang mana dapat menyerang atau mengganggu kesehatan otak seseorang, penyakit ini merupakan masalah yang terjadi pada kesehatan otak dan dapat menyebabkan masalah seperti pikun yang terjadi secara menahun dan tidak dapat disembuhkan lagi seperti semula. Penyakit ini adalah sebuah kondisi yang umum terjadi pada seseorang yang berusia lanjut. Alzheimer berarti kondisi yang menggambarkan hilangnnya kemampuan seseorang untuk mengingat, menyimpan ingatan, sulit untuk memecahkan masalah, sulit untuk membuat keputusan dan tidak bisa menjalani hidup dengan normal. alzheimer dapat disebabkan karena penyakit tertentu yang merusak kemampuan otak dan penyakit alzheimer itu sendiri. Pada penderita penyakit alzheimer maka terjadi penumpukan protein pada bagian otak yang bisa membuat plak atau otak menyusut. Kemudian menyebabkan kerja sel syaraf dan jaringan otak juga mengalami kerusakan.

Penyakit ini memang terkenal dapat menyerang seseorang yang berusia lanjut karena penyakit ini lebih dikenal dengan nama penyakit pikun yang identik dengan usia seseorang. Akan tetapi, saat ini banyak anak muda jaman sekarang yang sudah mengalami penyakit yang dialami orang tua seperti penyakit alzheimer ini, tentu hal ini sangat disayangkan karena seharusnya anak muda adalah masa yang paling indah yang pernah dimiliki oleh semua orang tetapi bila di usia yang masih muda sudah mengalami penyakit seperti alzheimer maka tentu anda bisa bayangkan bagaimana bila sudah berusia tua nanti. Penyakit alzheimer yang terjadi pada usia mudah tentunya disebabkan oleh banyak faktor dan biasanya faktor tersebut akibat dari gaya hidup anak muda jaman sekarang yang tidak sehat dan tidak benar dalam menjalani aktivitas sehari-harinya. Seseorang yang mengalami penyakit alzheimer ini akan mengalami kemunduran dalam daya ingatnya dan hal tersebut akan mengganggu segala aktivitas atau kegiatan sosial seseorang.

alzheimer di usia muda

Jika kondisi ini dialami oleh anda yang masih berusia muda tentunya menjadi sebuah hal yang mengkhawatirkan dan jangan menganggap remeh penyakit alzheimer ini sebab penyakit ini bisa berbahaya bagi kesehatan anda bila tidak segera mendapatkan penanganan atau tindakan yang baik. Selain karena faktor usia, penyakit alzheimer di usia muda juga dapat terjadi karena faktor genetik. Faktor genetik merupakan salah satu penyebab dari penyakit ini, sehinggga bagi anda yang memiliki anggota keluarga menderita penyakit alzheimer sebaiknya anda lebih berhati-hati. Sebab penyakit alzheimer akan menyerang secara perlahan sehingga untuk tahap awal mungkin penderita tidak menyadari  gejala yang di alami. Perlu diketahui pada penyakit alzheimer, kesehatan jaringan otak mengalami penurunan sehingga menyebabkan penurunan daya ingat dan kemampuan mental.

Untuk anda yang masih berusia muda tentu tidak ingin bila di usia yang masih muda mengalami penyakit ini karena masa muda anda harus dinikmati dengan baik, namun anak muda saat ini sering bersikap cuek dalam hal menjaga kesehatan, tapi bila sudah menderit sebuah penyakit mereka baru menyesal dan menyadari bahwa kesehatan memang penting. Anak muda yang tidak menjaga kesehatan dengan baik akan mengalami dampak dari kebiasaan yang dilakukannya. Maka untuk itu, ada beberapa gejala penyakit alzheimer yang harus anda perhatikan dan waspadai, seperti :

– Sering mengalami gangguan ingatan atau sering lupa.
– Mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi bahkan terhadap perkerjaan yang sudah biasa dilakukan sehari-sehari.
– Mengalami kesulitan memahami visuospasial seperti membaca, membedakan warna, menentukan jarak dan lain-lain.
– Mengalami gangguan komunikasi seperti sulit mencari kata yang tepat saat berbicara dengan orang lain.
– Sering salah dalam membuat keputusan.
– Terkadang sering menarik diri dari sebuah pergaulan.
– Sering mengalami disorientasi seperti bingung.
– Mengalami perubahan perilaku seperti cepat emosi, depresi, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Obat Alami Penyakit Alzheimer

Gejala-gejala yang diatas merupakan tanda bahwa seseorang mengalami penyakit alzheimer, dan apabila anda mengalami gejala seperti yang telah dijelaskan diatas maka sebaik anda mulai melakukan pemeriksaan yang tepat dan mencari solusi yang baik untuk mengatasinya. Pemeriksaan dan diagnosis yang tepat sangat penting untuk penderita Alzheimer. Jika terlambat maka kondisinya bisa menjadi sangat parah. Sementara jika diterapi dan diberikan perawatan yang tepat maka penderita bisa hidup normal selama bertahun-tahun sebelum kondisinya bertambah buruk. Pengenalan gejala yang lengkap akan mendorong penegakan diagnosis yang tepat. Selain itu, anda untuk melakukan pencegahan dapat dilakukan dengan mengurangi faktor penyebabnya, seperti menerapkan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin dan menghindari minum-minuman yang mengandung alkohol, sayangi masa muda anda dan jaga kesehatan dengan baik sejak dini agar anda bisa mengurangi resiko terjadinya suatu penyakit di usia tua nanti.

Leave a Reply