Penyebab Darah Tinggi (Hipertensi) Di Usia Muda

Kesehatan

Penyebab Darah Tinggi (Hipertensi) Di Usia Muda – Darah tinggi atau dalam istilah kedokteran disebut dengan hipertensi merupakan masalah kesehatan yang sering di alami oleh masyarakat dan menjadi masalah yang sulit untuk diatasi. Penderita darah tinggi juga kini bukan hanya mereka yang berumur lanjut saja, namun mereka yang berumur masih muda juga sudah mengalami masalah kesehatan ini. Darah tinggi sendiri adalah kondisi dimana tekanan darah di dalam pembuluh darah arteri meningkat secara signifikan dan dalam jangka waktu tertentu. Tekanan darah tinggi bisa dikatakan tinggi ketika tekanan darah berada pada posisi 140/90 atau diatas angka tersebut, dan untuk tekanan darah yang normal berkisar diantara 120/80.

Bagi penderita darah tinggi di sarankan untuk selalu menjaga tekanan darah tetap normal, karena jika darah tinggi dapat menimbulkan komplikasi tekanan darah tinggi termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal, pengerasan arteri, kerusakan mata, dan stroke (kerusakan otak). Mempunyai penyakit darah tinggi di usia yang masih muda memang sangat disayangkan karena seharusnya penyakit ini terjadi untuk orang-orang yang berusia 40 tahun keatas, namun anak muda yang hidup di zaman modern seperti sekarang ini sering melakukan kebiasaan yang bisa menimbulkan masalah pada kesehatan bagi dirinya, dan anak muda zaman sekarang lebih menyukai gaya hidup seperti di negara barat yang menggunakan segala hal dengan mudah dan praktis. Mengikuti zaman memang perlu dilakukan namun untuk hal yang sehat atau buruk, sebaiknya tidak perlu diikuti.

darah tinggi

Kebiasaan seperti makan makanan siap saji merupakan gaya hidup yang saat ini sedang dilakukan olah anak zaman sekarang. Mengkonsumsi makanan siap saji memang lebih disukai orang-orang pada zaman sekarang, karena pada dasarnya orang lebih menyukai hal-hal yang praktis dan tidak mau repot. Namun, kebiasaan seperti inilah yang dapat menimbulkan masalah pada kesehatan dan juga jika terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji bisa membuat biaya pengluaran lebih besar dibandingkan dengan membuat makanan sendiri di rumah. Selain sering mengkonsumsi makanan siap saji, anak muda sekarang juga sangat malas untuk melakukan olahraga atau menggerakan tubuh, sehingga tidak heran jika banyak anak muda zaman sekarang sering mengalami keluhan pada kesehatannya.

Baca Juga : Obat Alami Penyakit Darah Tinggi

Darah tinggi di usia muda yang sangat mudah tentu akan membuat anda menjadi tidak nyaman dan terganggu karena penyakit ini bisa kambuh kapan saja dan dimana saja. Jika anda memiliki penyakit tekanan darah tinggi di usia muda akan mempengaruhi timbulnya hipertensi atau tekanan darah pada usia yang lebih lanjut. Oleh karena itu, penanganan darah tinggi di usia muda sangat penting untuk dilakukan. Tekanan darah tinggi di usia muda dapat berakibat cukup fatal, takanan darah tinggi menyebabkan timbulnya penyakit bari akibat pembuluh darah arteri yang tak mampu mengalirkan darah secara normal ke seluruh jaringan pembuluh darah. Tekanan darah tinggi sangat bervariasi tergantung pada keadaan, akan meningkata saat beraktivitas fisik, terpengaruh oelh emosi, dan stres serta turun selama tidur.

Risiko terkena penyakit darah tinggi juga bisa terjadi pada orang yang mempunyai berat badan lebih. Untuk penting bagi penderita darah tinggi di usia muda untuk bisa mengkontrol darah tinggi, karena darah tinggi tersebut bisa mengakibatkan serangan jantung. Banyak penderita darah tinggi yang sering mengalami serangan jantung atau stroke akibat darah tinggi yang meningkat terlalu tinggi dan tidak dapt mengontrol dengan baik.

Oleh karenanya, seorang penderita tekanan darah tinggi di usia muda membutuhkan istirahat dalam kamar yang tenang, kurang lebih selama 15-20 menit, dan beberapa jam sebelum beristirahat tidak dibenarkan untuk meminum zat perangsang seperti kopi, teh, dan minuman ringan yang mengandung kafein. Untuk itu, hindari beberapa gaya hidup yang tidak baik untuk kesehatan seperti minum alkohol, makanan berlemak, makanan siap saji, merokok, kebiasaan tersebut merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami tekanan darah yang meningkat dan melebihi batas normal, jadi hindari hal-hal tersebut agar anda bisa mengatasi tekanan darah tinggi dengan cepat.

Leave a Reply