Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Kesehatan

Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur – Kesehatan merupakan anugeraha yang paling berharga yang diberikan tuhan kepada kita dan harus kita jaga. Banyak cara untuk menjaga kesehatan dengan baik, dan salah satu menjaga kesehatan adalah dengan beristirahat atau tidur. Tidur adalah kegiatan yang sangat di butuhkan manusia untuk mengembalikan tenaga yang hilang atau capek karena tuntutan pekerjaan, dengan tidur kita bisa membuat tubuh kembali segar dan tubuh pun kembali bersemangat menjalani aktivitas kerja. Tidur adalah salah satu istirahat yang paling baik bagi manusia karena dengan tidur kita bisa mengistirahatkan seluruh aktivitas otak dan tubuh secara bersamaan sehingga saat bangun bagian tubuh seperti otak pun akan kembali bisa berfikir dengan jernih dan tenang. Namun, tidak semua orang mengalami hal yang sama, saat seseorang bangun dari tidurnya sebagian orang pastinya pernah mengalami gangguan seperti mengalami pusing kepala, mata berkunang-kunang, kepala terasa berat, dan kadang-kadang tubuh pun kehilangan keseimbangan.

sakit kepala saat bangun tidur

Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Dengan tidur teratur dan cukup pastinya hal ini dapat membantu anda untuk mengembalikan energi. Namun apabila sakit kepala saat bangun tidur ini anda alami, tentunya akan membuat anda merasa terganggu hingga membuat anda malas untuk bangkit dari tempat tidur. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya rasa pusing kepala saat bangun tidur. Setiap orang memiliki penyebab yang berbeda-beda. Dalam beberapa kasus seseorang mengalami sakit kepala setelah bangun tidur adalah hal yang biasa dan bukan suatu masalah serius. Sakit kepala setelah bangun tidur ini akan hilang dalam beberapa saat. Ada beberapa penyebab yang dapat membuat anda merasakan sakit kepala setelah bangun tidur, berikut ini penyebabnya :

– Pola tidur

Salah satu faktor penyebab terjadinya sakit kepala saat bangun tidur adalah gangguan pada pola tidur anda, perasaan stress dan gaya hidup yang cepat, menyebabkan banyak orang terlambat tidur. Tidur yang tidak nyaman dan tidak nyenyak tentunya akan menyebabkan otot-otot menjadi tegang sehingga dapat menimbulkan sakit kepala saat anda bangun tidur. Untuk itu atur pola tidur anda dengan baik cukupi tidur anda setidaknya 6-8 jam sehari agar otot-otot pada tubuh anda tidak mengalami ketegangan seperti otot pada kepala anda.

– Dehidrasi

Selain pola tidur yang tidak baik, penyebab sakit kepala saat bangun tidur juga dapat terjadi akibat kekurangan cairan pada tubuh. Kekurangan cairan pada tubuh bukan hanya akan menyebabkan tubuh anda menjadi lemah, namun akan menyebabkan rasa sakit pada kepala saat anda bangun tidur, sebab otot-otot yang berada di dalam tubuh kita membutuhkan cairan yang cukup untuk menjalankan segala fungsinya secara optimal. Pastikan Anda minum air putih secukupnya sebelum tidur, atau sediakanlah air putih di samping tempat tidur dan minumlah ketika haus dan ketika bangun tidur.

– Bangun secara tiba-tiba

Penyebab selanjutnya yang menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur adalah bangun tidur secara tiba-tiba. Bangun secara tiba-tiba juga dapat membuat dada terasa berbedar-debar dan mempengaruhi mood. Jika tak ingin tidur Anda terganggu, Anda bisa mematikan nada dering ponsel ataupun mengunci pintu kamar. Tak hanya itu saja, pastikan Anda duduk selama 3 menit sebelum beranjak dari tempat tidur. Hal ini berguna agar sistem peredarah darah lancar dan terhindar dari sakit kepala.

Selain karena beberapa penyebab diatas, penyebab sakit kepala saat bangun juga bisa terjadi akibat terkana penyakit pada kepala seperti vertigo. Vertigo sendiri merupakan salah satu jenis sakit kepala yang membuat penderitanya seperti berputar-putar. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini dapat menyakitkan. Selain sensasi berputar, gejala lain dari sakit kepala vertigo adalah mudah lelah, mual, nyeri otot dan peka terhadap cahaya. Cara mengobati vertigo paling ampuh adalah dengan meminum wedang jahe setiap pagi dan pastinya berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. Selain itu juga, jika anda sering menggunakan obat sakit kepala yang berbahan kimia, maka anda harus mengurangi penggunaannya, karena obat-obatan yang berbahan kimia dapat menimbulkan masalah atau efek samping yang berbahaya.

Baca Juga : Ginkgo Biloba Plus Capsule

Jika karena suatu hal Anda harus meminum obat, jangan lupa baca aturan pakai, kandungan, serta efek samping yang ada dalam kemasan. Kalau obat tersebut dari dokter, jangan sungkan untuk bertanya efek samping obat yang diberikan. Untuk membuat anda merasa nyaman dan aman dalam mengkonsumsi obat, ada baiknya anda menggunakan obat alami sebagai langkah pengobatan, karena obat alami minim efek samping yang berbahaya pada kesehatan anda. Selain itu asupan makanan sehat seperti buah dan sayur juga penting dalam menjaga kesehatan. Atur pola makan dan tidur anda dengan baik agar kesehatan anda tidak mudah mengalami masalah.

Leave a Reply