Penyebab Sakit Kepala Tegang Dan Berat

Kesehatan

Penyebab Sakit Kepala Tegang Dan Berat – Sakit kepala tegang bisa disebuat juga sebagai sakit kepala stress, dan ini merupakan sakit kepala yang paling umum terjadi pada orang dewasa. Beberapa orang mengatakan bahwa kondisi ini terasa seperti tengkorak kepala yang diremas. Sakit kepala ini dapat berlangsung dari 30 menit hingga beberapa hari. Ketika anda memiliki kondisi ini kurang dari 5 hari per bulan, maka kondisi ini disebut sebagai sakit kepala tegang episodik. Namun, jika terjadi lebih sering, maka disebut kronis. Jenis episodik biasanya mulai secara bertahap, seringnya dipertengahan hari. Sakit yang kronis datang dan pergi selama periode waktu yang lebih lama. Rasa sakit mungkin lebih kuat atau mereda sapanjang hari, tapi hampir selalu ada.

Meskipun kepala anda sakit, namun kondisi ini tidak akan membuat anda berhenti dari kegiatan sehari-hari anda, karena kondisi ini tidak mempengaruhi penglihatan, keseimbangan, atau kekuatan anda. Tidak ada penyebab pasti untuk kondisi seperti ini. Namun, sebagian besar dipicu oleh stress, baik dari pekerjaan, sekolah, keluarga, teman, atau hubungan lainnya. Kondisi sakit kepala jenis episodik biasanya dipicu oleh sebuah situasi tegang atau yang menyebabkan stress. Ketegangan yang terjadi sehari-hari dapat menyebabkan sakit kepala menjadi kronis. Sakit kepala tegang dan berat bukan kondisi yang diturunkan dalam keluarga. Beberapa orang mengalami sakit kepala karena otot yang menegang di belakang leher dan kulit kepala.

kepala berat dan tegang

Anda mungkin mulai dilanda rasa khawatir karena biasanya kepala yang berat atau sakit tidaklah diketahui faktor pemicunya secara pasti dan membuat anda merasa tidak nyaman. Pada umumnya kepala berat dan tegang tidaklah diatasi secara langsung karena merasa bahwa nantinya akan membaik sendiri. Untuk itu perhatikan segala kemungkinan penyebab kepala terasa berat ini agar Anda bisa mengatasi sedini mungkin. Walaupun memang penyebab sakit kepala belum diketahui dengan pasti, namun ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan sakit kepala terasa berat dan tegang. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab terjadinya sakit kepala terasa berat dan tegang, yaitu :

  • Kurang tidur 

Kepala terasa berat, pada bagian belakang atau depan secara keseluruhan bisa jadi dikarenakan pola tidur anda yang kurang tepat. Kurang tidur atau istirahat bisa saja menyebabkan kepala berat dan berdenyut. Keluhan sering sakit kepala biasanya terjadi pada orang-orang yang sering begadang, apapun aktivitas yang dikerjakannya. Dalam sehari, Anda membutuhkan waktu 8-9 jam untuk beristirahat dan tidur dalam waktu tersebut akan membantu Anda untuk memperbaiki jaringan tubuh. Tubuh yang sudah digunakan beraktivitas serta bekerja keras di pagi hingga sore hari juga perlu istirahat. Bila memang menyadari bahwa Anda kurang tidur, sebaiknya mulai hari ini perbaikilah dan tidurlah secara cukup.

  • Stress

Kepala yang berat dan tubuh yang kiranya merasa lemas dan cepat lelah bisa jadi disebabkan oleh rasa stres yang timbul di sore maupun siang hari sesudah ujian atau bekerja. Stres tidak serta-merta langsung berefek memicu sakit kepala, tapi justru setelah itulah efeknya baru akan terasa biasanya. Bila Anda merasa sedang tertekan atau stres, cobalah untuk menghindarinya dengan berolahraga, melatih pernapasan atau sekedar mengambil waktu untuk rileks. Carilah juga cara mencegah stres supaya Anda bisa menghindarinya dan tidak merasakan kepala yang berat dan pusing terlalu sering.

  • Pola makan tidak teratur 

Kepala berat bisa saja disebabkan Anda memiliki pola makan yang tidak teratur. Saat seseorang terlambat makan, maka biasanya penyakit maag atau kenaikan asam lambung menjadi akibatnya. Salah satu gejala dari naiknya asam lambung atau penyakit maag adalah rasa pusing yang berkelanjutan. Oleh karena itu, mulailah untuk membiasakan diri sarapan, makan siang dan makan malam secara teratur sesibuk apapun kegiatan Anda sehari-hari.

  • Kurang Olahraga

Kurangnya olahraga bisa menjadi hal yang buruk karena selain menjadikan Anda sering merasakan kepala yang berat, banyak risiko penyakit pun meningkat. Setiap hari paling tidak Anda bisa meluangkan waktu 10-15 menit hanya untuk melakukan peregangan atau olahraga yang ringan. Ini supaya otot menjadi lebih elastis dan tak mudah tegang. Fisik atau tubuh yang kurang aktif menjadi salah satu faktor yang memicu kepala terasa begitu berat, apalagi kalau juga diimbangi dengan kegiatan yang membuat Anda dalam posisi yang sama dalam beberapa jam. Oleh karena itu, mulailah untuk melakukan pola hidup yang sehat dan seimbang di mana salah satunya adalah rajin olahraga.

Baca Juga : Ginkgo Biloba Plus Capsule

Itulah beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebab dari kepala terasa berat dan tegang paling umum yang sebaiknya Anda waspada benar-benar. Meski sibuk, selalu perhatikan waktu makan Anda, asupan makanan yang sehat, serta pola tidur yang baik. Sakit kepala tak boleh disepelekan karena hal ini bisa menjadi sebuah gejala dari kondisi kesehatan yang serius. Jika kondisi ini sudah terlalu parah sebaiknya anda langsung memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Leave a Reply