Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi, Kesehatan

Penyebab Tekanan Darah Tinggi – Hipertensi adalah sebuah kondisi gangguan kesehatan yang tergolong kronis dengan tekanan darah pada arteri yang meningkat. Peningkatan tekanan darah ini akan mengakibatkan darah melalui pembuluh darah ke berbagai tempat di seluruh tubuh. Penyebab hipertensi terdiri dari beberapa faktor, dan penyebab yang terjadi pada setiap penderita pada umumnya tidak bisa disamakan.

Ginkgo Biloba Plus Capsule

Penyebab hipertensi adalah mengkonsumsi makanan yang garamnya tinggi, kolesterol, berlemak dan minuman tinggi pada kadar alkoholnya, kafein, merokok, obesitas dan stress. Penyebab inilah yang harus dihindari dari pola hidup Anda, agar hipertensi tidak terjadi pada tubuh kalian. Berikut penjelasan faktor penyebab hipertensi, adalah:

  • Faktor usia merupakan salah satu penyebab seseorang terkena penyakit hipertensi atau darah tinggi, semakin bertambahnya usia seseorang akan mengurangi elastisitas pembuluh darah sehingga tekanan darah didalam tubuh orang yang sudah lanjut usia akan mengalami kenaikand an bisa melebihi batas normalnya.
  • Orang tua yang mempunyai penyakit hipertensi ada kemungkinan bisa menurunkan kepada anaknya, jadi jika orang tua Anda mengalami sakit darah tinggi sebaiknya Anda selalu waspada karena Anda juga bisa terkena penyakit tersebut.
  • Para peneliti berpendapat bahwa pria yang berusia 45 tahun lebnih beresiko terkena penyakit darah tinggi dibandingkan wanita, sedangkan wanita yang berusia diatas 65 tahun lebih beresiko terkena penyakit darah tinggi.
  • Orang yang tidak pernah melakukan berbagai olahraga akan lebih beresiko terkena penyakit darah tinggi, gaya hidup yang tidak sehat karena tidak pernah melakukan olahraga akan menyebabkan jantung menjadi tidak sehat. jika jantung tidak sehat secara otomatis jantung tidak bisa memompa darah dan akan mengakibatkan aliran darah di dalam tubuh menjadi tidak lancar.
  • Faktor makanan yang dikonsumsi sehari-hari yang sembarangan, perlahan-lahan bisa menggerogoti kesehatan Anda, termasuk bisa menyebabkan hipertensi.
  • Minuman beralkohol sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Minuman beralkohol akan meningkatkan kadar trigleserida dalam darah, trigleserida adalah kolesterol yang jahat yang bisa menyebabkan tekanan darah menjadi naik secara drastis.
  • Faktor yang lainnya adalah orang yang sering mengalami stres biasanya tekanan darahnya akan menjadi naik. Jika orang sedang stres, hormon adrenalinnya akan meningkat lebih jauh sehingga akan menyebabkan tekanan darah didalam tubuh menjadi naik. Maka dari itu Anda harus sering melakukan refreshing untuk menyegarkan otak Anda agar tidak mengalami stres yang berlarut-larut.

Baca Juga : Obat Alami Penyakit Darah Tinggi

Beberapa faktor diatas bisa menyebabkan seseorang tekenan penyakit darah tinggi, jangan melakukan berbagai faktor diatas jika Anda tidak ingin mengalami penyakit hipertensi. Lakukanlah pola hidup yang sehat agar Anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat sampai usia lanjut. Dan bagi Anda yang belum terkena hipertensi, kenali dulu gejala-gejala berikut ini:

  1. Mimisan,keluar darah dari hidung.
  2. Rasa berat di tengkuk.
  3. Telinga berdengung.
  4. Wajah merah.
  5. Sering gelisah.
  6. Gejala ringan seperti pusing atau sakit kepala.
  7. Tengkuk terasa pegal.
  8. Susah tidur atau insomnia.
  9. Sesak nafas.
  10. Mata berkunang-kunang.
  11. Seringnya buang air kecil.

Gejala-gejala tersebut dapat diketahui kebenarannya dengan mengukur tekanan darah secara teratur. Penderita hipertensi apabila tidak ditangani dengan baik akan mempunyai resiko besar untuk meninggal karena komplikasi kardiovascular seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung dan gagal ginjal.

Leave a Reply