Pertolongan Pertama Pada Penderita Asma

Asma, Kesehatan

Pertolongan Pertama Pada Penderita Asma – Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada dan batuk-batuk. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.

Pertolongan Pertama pada Penderita Asma

Pertolongan Pertama pada Penderita yang Terserang Asma Tiba-Tiba

Asma bisa terjadi kapan saja, dalam kondisi seperti ini mungkin sangat mengkhawatirkan bukan? Karena apabila tidak segera ditangani maka bisa saja menyebabkan kondisi yang fatal. Jika hal ini terjadi, otot yang bekerja di saluran paru-paru akan mengalami ketegangan dan menyebabkan kejang lalu menyebabkan saluran udara menjadi sangat sempit sehingga penderita akan merasa kesulitan untuk bernafas. Apalagi jika penyakit ini tidak ditangani secara benar, dapat memicu kematian.

Faktor penyebab asma atau sesak nafas juga belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti alergi, asap rokok, kondisi tubuh yang lemah, debu, bulu binatang, udara dingin, infeksi virus atau juga terpapar zat kimia. Nah, jika Anda melihat seseorang tiba-tiba terserang asma mungkin pertolongan pertama ini bisa Anda lakukan:

  1. Posisikan penderita asma dalam posisi duduk.
  2. Ambil inhaler yang mungkin sudah disiapkan disaku atau ditempat lain, bila inhaler tidak ada, cobalah untuk mencari bantuan kepada pihak lain.
  3. Bila sudah menemukan inhaler, lihatlah petunjuk pada kemasan inhaler tersebut dan cobalah untuk membantu penderita asma menggunakan inhaler.
  4. Berikan 2-4 kali semprotan dari inhaler tersebut.
  5. Tunggulah selama 5 menit untuk pemberian semprotan yang selanjutnya.
  6. Apabila pemberian semprotan inhaler memudahkan penderita asma untuk bernafas, maka pertolongan yang dilakukan berhasil.
  7. Akan tetapi, jika masih belum berhasil cobalah untuk memanggil ambulan, agar penderita asma mendapat perawatan lebih lanjut.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama kepada seseorang yang tiba-tiba terserang asma namun tanpa ada bekal persiapan obat-obatan atau sejenisnya yang biasa dia bawa. Berikut tipsnya:

  1. Carilah tempat yang nyaman dengan udara yang bersih, terbuka serta menyegarkan, bisa dibawa ke tempat tidur atau ruangan yang memungkinkan penderita dapat beristirahat dengan tenang, atau bawa penderita ke tempat yang bebas dari kerumunan orang agar tersedia banyak oksigen.
  2. Sebisa mungkin hindari penderita dari sumber alergi yang mungkin memicu asma, misalnya debu, asap rokok, asap kendaraan, serbuk sari bunga atau bahkan kutu hewan peliharaan.
  3. Rileks dan Tenangkan penderita. Duduk, rileks, dan ambil nafas dalam-dalam. Sikap panik malah memperburuk serangan asma. Selain itu, tenangkan juga diri anda, aturlah irama pernafasan penderita semaksimal mungkin.
  4. Tenangkan dan hibur penderita. Hal itu dapat sangat membantu kepulihan penderita walaupun hanya sementara. Jangan banyak bertanya dan mengajak ngobrol penderita, karena biasanya ia sulit berbicara.
  5. Bantu penderita untuk duduk dan istirahat, karena penderita lebih nyaman dalam keadaan duduk. Dengan duduk, membuat rongga paru-paru lebih luas, sehingga bisa membantu pernafasan si penderita, atau usahakan posisi penderita dalam keadaan setengah duduk dengan pundak bersandar pada bantal atau tembok atau apa saja. Jangan sekali-kali diposisikan dalam posisi tidur! Itu dapat memperparah penyakit yang diderita, sebab saluran pernafasannya dapat tersumbat karena posisi tidur yang salah.
  6. Longgarkan baju penderita hingga dapat bernafas dengan lancar apalagi jika menggunakan pakaian ketat, segera longgarkan karena penderita membutuhkan pakaian yang nyaman.
  7. Pijit pada daerah syaraf paru-paru yang terletak di atas jempol kaki sekitar 3-5 cm, tepat di daerah ruas antara jempol dan jari telunjuk kaki. Teknik pijitnya harus secara perlahan-lahan.
  8. Minum air hangat. Walaupun sedikit, ini berfungsi agar penderita tenang.
  9. Penderita dikipas-kipas atau dekatkan ke kipas angin.
  10. Apabila penderita semakin parah dan sulit berbicara karena sulit bernafas, hubungi ambulans. Jangan lupa awasi serta catat pernafasan dan denyut jantungnya secara teratur.
  11. Jika penderita berhenti bernafas atau kehilangan kesadaran, buka saluran nafasnya dan periksa pernafasan serta peredaran darahnya. bersiap-siaplah meresusitasi atau memberikan nafas bantuan jika perlu.

Itu adalah beberapa tips untuk memberikan bantuan terhadap penderita yang diserang asma secara tiba-tiba. Namun, jika kondisinya lebih buruk harus mendapatkan bantuan dokter. Nah, Anda juga bisa melakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit asma. Artikel lengkapnya di: Pencegahan yang Dilakukan Agar Terhindar dari Penyakit Asma

Leave a Reply