Pertolongan Pertama Saat Cedera Pada Kepala

Kesehatan

Pertolongan Pertama Saat Cedera Pada Kepala – Setiap orang yang mengalami cedera pada bagian kepala tentu berpotensi berbahaya, pukulan di kepala bisa menyebabkan lebam atau cedera kulit kepala bahkan gegar otak. Resiko yang mungkin terjadi tulang tengkorak patah, juga tekanan pada otak akibat pendarahan dalam tengkorak atau bengkak jaringan otak yang mengalami cedera. Gejala yang biasanya dirasakan adalah sakit kepala, bernapas pelan, berisik, dan mengantuk bisa terjadi beberapa jam atau hari setelah cedera. Seseorang yang mengalami cedera pada bagian kepala harus segera ditangani karena jika tidak segera ditangani akan mengakibatkan sesuatu yang buruk terjadi atau kematian. Fungsi dari tulang tengkorak sendiri adalah melindungi otak dari cedera. Selain tulang, otak juga dilindungi oleh berlapis-lapis jaringan ikat dan cairan yang berfungsi sebagai shock absorber.

Ketika anda mengalami cedera pada kepala, gangguan fungsi otak dapat timbul tanpa adanya kelainan kepala yang tampak dari luar. Sesuatu yang mengenai kepala dapat menyebabkan otak terbentur pada bagian dalam tulang kepala. Saat kepala mengalami benturan akibat benda asing atau kecelakaan dapat mengakibatkan pendarahan pada otak atau jaringan disekitarnya, memar pada jaringan otak, atau kerusakan serabut saraf di dalam otak. Penting untuk di catat bahwa cedera kepala dapat menimbulkan gejala dan tanda yang berbeda-beda, mulai dari orang yang tidak merasakan apapun hingga yang langsung koma. Gejalanya dapat muncul saat terjadinya peristiwa yang menimbulkan cedera, atau muncul secara perlahan-lahan dalam hitungan jam hingga hari.

cedera kepala

Pada beberapa keadaan, cedera kepala ini bisa membuat seseorang yang mengalaminya kehilangan kesadaran, walau hanya sebentar namun hal ini merupakan kondisi yang tidak biasa atau tidak normal. Seseorang yang mengalami cedera pada kepala akan merasa sulit berkonsentrasi, suasana hati mudah berubah, tingkah laku tidak seperti biasanya, perubahan pola tidur, dan gejala lainnya. Maka untuk itu pemeriksakan harus segera dilakukan untuk mengetahui sejauh mana cedera yang di alami. Jika seseorang mengalami benturan kepala, luka akibat benturan dapat menyebabkan cedera serius bila terjadi retakan atau pecahnya tulang tengkorak, robeknya pembuluh darah di daerah kepala atau bahkan cedera pada otak itu sendiri. Apabila hal tersebut terjadi gejala yang timbulkan harus segera diatasi karena dapat mengancam jiwa.

Hal tersebut akan membuat luka yang jelas pada kepala, darah atau cairan bening keluar dari hidung atau telinga, hilang kesadaran, nyeri kepala atau leher yang hebat, pernapasan tidak seperti biasanya, gangguan bicara, gangguan berjalan, gangguan penglihatan, pupil mata tidak sama besar, lemah dan lumpuh, kekakuan pada leher, muntah lebih dari 3x dalam satu jam setelah cedera terjadi Bila menemui gejala tersebut, besar kemungkinan terjadi luka dalam kepala, sehingga sangat perlu dibawa segera ke rumah sakit.

Namun, sebelum dibawa kerumah sakit, anda bisa melakukan melakukan pertolongan pertama saat cedera pada kepala dengan melakukannya sendiri, pertolongan pertama yang dapat anda lakukan adalah, bila penderita cedera pada kepala kehilangan kesadaran, jangan sesekali memindahkan penderita terutama bila curiga ada luka pada leher atau kepala, hal ini sangat penting bila ternyata terdapat luka pada leher dan penderita digerakkan sembarangan justru akan mengakibatkan bertambahnya cedera pada kepala penderita.

Segeralah minta bantuan ambulans atau paramedis dengan cara menghubunginya lewat telepon. Anda harus menjaga agar posisi leher dan kepala penderita sejajar, bila terdapat luka atau curiga adanya keretakan pada rusaknya tulang tengkorak kepala, jangan pernah mencoba membersihkannya, dan jangan menekan luka tersebut, anda cukup tutupi luka tersebut dengan kassa steril dan tunggulah bantuan medis datang. Dan perlu anda catat jangan sesekali mencoba membersihkan benda apapun pada luka kepala.

Itulah, beberapa cara yang bisa anda lakukan sebagai salah satu langkah pertolongan pertama pada penderita atau korban cedera kepala. Cedera kepala memang merupakan kondisi yang bisa dikatakan sangat serius, karena di dalam kepala terdapat organa manusia seperti otak dan merupakan saraf pusat tubuh manusia. Untuk itu kita harus menjaga bagian kepala kita dari benturan atau hal lainnya yang dapat merusak kesehatan kepala kita.

Bukan hanya menjaga kepala kita dari benturan atau hal lainnya dari luar, kita juga perlu menjaga kesehatan kepala dari dalam, agar otak dan bagian-bagian yang berada di sekitar kepala terawat. Asupan makanan yang sehat seperti buah dan sayuran sangat dibutuhkan agar otak kita terawat, selain dengan makanan sehat kita juga membutuhkan suplemen alami untuk memaksimalkan nutrisi alami agar bagian-bagian seperti otak, pembuluh darah, dan bagian lainnya terjaga dan sehat.

Leave a Reply